Cara Gampang Aktivitas Kirim Sms Sim800l Gsm Module Dengan Arduino

Banyak dari kita yang dari kecil memimpikan untuk sanggup menciptakan HP sendiri. Nah kali ini mimpi tersebut akan bertahap kita wujudkan. Dengan Menggunakan SIM800L, kita sanggup mengirim dan mendapatkan SMS, melaksanakan TELP, dan masih banyak lagi.


Saya memakai SIM800L V2, menyerupai pada gambar dibawah ini:


Banyak dari kita yang dari kecil memimpikan untuk sanggup menciptakan HP sendiri Cara Praktis Program Kirim SMS SIM800L GSM Module Dengan Arduino


Kenapa aku menentukan yang versi 2, sebab versi ini sudah sanggup pribadi menerima power dari 5V tanpa harus memakai module penurun tegangan menyerupai SIM800 yang warna merah. Dan yang versi ini lebih cepat dalam menangkap sinyal.


Apa yang perlu disiapkan:



  1. Arduino

  2. SIM800l V2

  3. Kabel Jumper

  4. Adaptor 5v (jika ada)


Untuk adaptor 5v kau sanggup gunakan casan HP, ini hanya untuk power eksternal saja kalau memang dibutuhkan. tapi kau sanggup coba dulu pribadi colok ke Arduino menyerupai rangkaian dibawah ini:


Banyak dari kita yang dari kecil memimpikan untuk sanggup menciptakan HP sendiri Cara Praktis Program Kirim SMS SIM800L GSM Module Dengan Arduino


Jika ingin memakai Adaptor, kau sanggup lihat rangkaian menyerupai gambar dibawah ini:


Banyak dari kita yang dari kecil memimpikan untuk sanggup menciptakan HP sendiri Cara Praktis Program Kirim SMS SIM800L GSM Module Dengan Arduino


Adaptor disini fungsinya sebagai power komplemen untuk SIM800L itu juga kalau diperlukan, tapi kalau cukup memakai power dari Arduino ikuti saja rangkaian yang pertama. Tapi kalau ternyata SIM800L nya tidak kunjung mendapatkan sinyal, kemungkinan besar kekurangan daya maka kau perlu adaptor dan ikuti rangkaian yang kedua.


CATATAN: Ciri SIM800L sudah sanggup sinyal adalah, LED yang asalnya kedip cepat jadi kedip pelan.


Ok kalau sudah siap kini kita akan mencoba Program Untuk mengirim SMS, silahkan kau ketik ulang atau salin jadwal dibawah ini:







CATATAN:



  1. #include <SoftwareSerial.h> ini berfungsi untuk menyertakan Library SoftwareSerial yang dipakai oleh SIM800L, ke pemrograman Arduino. Tapi sebab Library SoftwareSerial sendiri sudah bawaan Arduino, jadi kau tidak perlu add terlebih dahulu ke Arduino IDEnya jadi tinggal gunakan saja.

  2. SoftwareSerial SIM800L(10, 11); mendifinisikan SIM800L sebagai variabel yang mewakili SoftwareSerial, dengan pin 10 sebagai rx dan 11 sebagai tx. Yang nantinya pin 10 akan dipasangkan ke tx module SIM800L dan pin 11 ke rx nya.

  3. SIM800L.println(“AT+CMGS=\”081287931296\”\r”); ini belahan untuk atur no hape yang akan dikirim sms, silahkan kau ubah nomernya dengan nomer yang ingin kau kirim sms.

  4. SIM800L.println(“Test SMS Kelas Robot”); dan ini yakni belahan untuk pesan yang dikirim, silahkan kau ubah juga sesuai dengan pesan yang kau inginkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Arduino: Blink 3 Led Sekaligus!

Cara Gampang Memprogram Lcd 16×2 Tanpa I2c Dengan Arduino

Jenis-Jenis Robot Beroda