Jenis-Jenis Robot Beroda

Masih ingat? Di salah satu jenis robot, ada robot yang bergerak atau berpindah daerah memakai roda. Dimana robot beroda ini yaitu yang paling banyak dibentuk pada masa ini. Baik untuk aplikasi yang serius, dan juga untuk yang sekedar hobbi robot, atau pembelajaran.


 ada robot yang bergerak atau berpindah daerah memakai roda Jenis-Jenis Robot Beroda


Di kelas ini aku hanya ingin memperkenalkan jenis-jenis robot beroda yang banyak diaplikasikan di dunia. Apa saja itu?


1. Robot Beroda Satu. Tidak ada yang sanggup aku jelaskan disini, selama ini aku belum menemukan robot yang berjalan memakai roda satu. Mungkin alasannya mekaniknya yang sulit, juga sistem kontrolnya yang mustahil.


2. Robot Beroda Dua. Atau lebih sering disebut Segway, robot ini memerlukan Sensor Gyro untuk menjaga keseimbangannya semoga sanggup tetap berdiri. Sensor Gyro ini, aplikasinya selain pada robot, juga ada pada setiap Smartphone canggih sekarang.



3. Robot Beroda Tiga. Ada dua jenis robot beroda tiga. Ada yang hanya memakai dua roda yang sanggup bergerak, dan roda yang satunya hanya sebagai penyeimbang dan juga membantu berbelok, tapi tidak ada pencetus dalam rodanya. Dan ada juga yang ketiga rodanya sanggup bergerak, dan selalu memakai Omni Wheel, jenis roda yang mempunyai roda-roda kecil didalamnya, memungkinkan robot sanggup bergerak kesegala arah.











Castor










Omni Wheel

4. Robot Beroda Empat. Robot beroda empatpun sama. Ada yang hanya dua roda belakang yang sanggup bergerak, dan roda depannya hanya roda biasa. Ada juga yang 4WD, iya robot yang keempat rodanya mempunyai Actuator dan sanggup bergerak.











4WD

5. Robot Beroda Tank. Banyak laba robot yang memakai roda tank, salah satunya robot sanggup berjalan pada daerah yang tidak rata, berbatu, bahkan tangga sekalipun.



Sampai disini. Itulah yang sanggup aku sampaikan untuk jenis-jenis robot beroda yang banyak penerapannya, baik hanya sekedar hobbi, pembelajaran, robot batle, bahkan robot dalam restauran. Semoga bermanfaat…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Arduino: Blink 3 Led Sekaligus!

Program Arduino: Sensor Suhu Lm35!

Cara Gampang Mengirim Pesan Dari Nodemcu Ke Telegram – Telegrambot Part1