Jenis-Jenis Robot Berkaki

Selain robot beroda, jenis robot lain yang paling banyak dikembangkan adalah robot berkaki. Robot ini bergerak dengan memakai servo, jenis motor yang rotasinya sanggup diatur, dan bahkan servo yang canggih sudah mempunyai rangkaain pengontrol didalamnya.


 jenis robot lain yang paling banyak dikembangkan yaitu Jenis-Jenis Robot Berkaki


Ada aneka macam jenis robot berkaki. Berikut jenis-jenis robot berkaki yang dilihat dari seberapa banyak jumlah kakinya.


1. Robot Berkaki Satu. Sama menyerupai halnya robot beroda satu, robot berkaki satupun termasuk sulit mekaniknya. Walaupun begitu masih ada pihak yang berusaha membuatnya, misalnya ditunjukan digambar bawah ini.



2. Robot Berkaki Dua. Biasa dipanggil Biped, robot ini mempunyai 2 kaki dan sanggup berjalan layaknya menyerupai kaki manusia. Untuk pembelajaran ataupun aplikasi nyatanya, robot berkaki tidak perlu mempunyai tubuh ataupun bab lainnya, cukup kaki sajapun tidak masalah. Dibawah ini yaitu teladan robotnya, dibentuk menggunaka Kit Innovati, namanya Bipedinno.



3. Robot Berkaki Tiga. Panggilan robot ini Triped, alasannya yaitu mempunyai 3 kaki gerak dan berjalan robot sanggup lebih luas, kemanapun beliau inginkan. Contoh robot Triped dibawah ini berjulukan Strider.











Romela

4. Robot Berkaki Empat. Sebut saja Quadpod. Contoh robotnya berjulukan BigDog, yaitu robot berkaki empat buatan Boston Dinamic, perusahaan robot yang kini telah diakuisisi oleh Google. BigDog ini dirancang untuk keperlun militer, tepatnya untuk membawa amunisi dikala perang.











BigDog

5. Robot Berkaki Enam. Sering dipanggil Hexapod. Kebanyakan gerakan kaki robot memalsukan dari serangga. Robot Hexapod cukup sulit dibuat, dan alasannya yaitu membutuhkan banyak Servo, juga menambah mahal pembuatannya. Tapi keunggulannya, banyak kombinasi yang sanggup dibuat. Dan pergerakan kakinya sanggup lebih cepat, serta banyak dikompetisikan juga.



6. Robot Berkaki Delapan. Nama kerennya Octapod. Gerakan kakinya memalsukan laba-laba, sehingga pergerakan robot ini sanggup lebih lincah. Karena jumlah kakinya banyak, jumlah servo yang dipakaipun tidak perlu servo yang kuat. Penggunaan mini servo sudah cukup.



Masih ada banyak sesungguhnya bentuk robot berkaki yang pernah dibuat, tapi secara keseluruhan enam jenis robot diatas sudah mencukupi untuk pengetahuan kita. Thank’s


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Arduino: Blink 3 Led Sekaligus!

Program Arduino: Sensor Suhu Lm35!

Cara Gampang Mengirim Pesan Dari Nodemcu Ke Telegram – Telegrambot Part1