Apa Itu Arduino? Arduino Adalah…

Sebelumnya udah pernah aku sebut bahwa, salah satu Microcontroller keturunan AVR, ada yang berjulukan Arduino. Ya Arduino yaitu Microcontroller yang memakai chip AVR dari ATMEL, yang sering dipakai yaitu keturunan ATMEGA.


Arduino yaitu microcontroller, dan microcontroller secara singkat adalah, “Sebuah sistem komputer yang fungsional dalam sebuah chip,”. Didalamnya sudah ada processor, memory, input output, dan dapat dibilang bahwa microcontroller ini yaitu komputer dalam versi mini.


 Ya Arduino yaitu Microcontroller yang memakai chip AVR dari ATMEL Apa Itu Arduino? Arduino Adalah…


Karena ukurannya yang kecil, microcontroller sering dipakai untuk mengendalikan rangkaian lampu LED, menciptakan MP3 Player, DVD, Televisi, AC, dan untuk menciptakan sebuah projek yang kita butuhkan menyerupai alarm motor misalkan . Dan tentu saja dapat juga untuk menciptakan projek robot. Dan dalam robot sendiri kita sudah ketahui bahwa microcontroller, berfungsi sebagai otaknya.


Nah lalu, apa yang membedakan Arduino dengan microcontroller yang lain? Arduino open source, skemanya boleh di cloning. Terus Arduino mempunyai bahasa peograman sendiri. Didalam chipnya sudah ada bootloader, dimana bahasa pemogramannya memakai bahasa C, tapi yang sudah disederhanakan. Dan juga sudah tersedia banyak sekali macam library.


Dan yang paling penting yaitu Arduino yaitu Microcontroller yang paling terkenal di Dunia. Dan alasannya open source, pengembangnya ada dimana-mana, sehingga kita juga tidak akan kesulitan saat mau mencari referensi.


Dan yang terakhir bagi aku yaitu arduino itu keren. 😉


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Arduino: Blink 3 Led Sekaligus!

Program Arduino: Sensor Suhu Lm35!

Cara Gampang Mengirim Pesan Dari Nodemcu Ke Telegram – Telegrambot Part1