8 Komponen Utama Dalam Robot

Ok dikelas ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai robot. Saya akan bicara lebih teknis mengenai Komponen Utama Dalam Robot. Kamu akan aku ajak untuk membedah mulai dari bab otak, sampai ke otot. Iya, robot mempunyai itu, dan robot sanggup saja lebih besar lengan berkuasa dan lebih bakir dari manusia. Bisa saja,,,


Ok dikelas ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai robot 8 Komponen Utama Dalam Robot


Kamu sanggup saja pernah bertanya. Apa yang menciptakan robot sanggup berpikir? Apa yang menciptakan robot sanggup bergerak? Apa yang menciptakan robot sanggup mendapatkan isu dari lingkungan sekitar? Apa yang menjadi mata, telinga, kulit pada robot?


Semua pertanyaan diatas akan kita jawab sama-sama sekarang. Baik kita mulai saja…


1. Controller. Ini yaitu bab paling utama dalam robot, ini ibarat otak pada manusia. Bagian ini berfungsi untuk menjalankan program,  mendapatkan dan mengolah setiap isu dari input sensor, dan juga yang mengirim dan mengendalikan output pada actuator, indikator, atau juga audio. Program juga di download pada controller. Pengembangan yang terkenal ketika ini yaitu microcontroller.











Microcontroller Arduino

Baca: Jenis-Jenis Keluarga Microcontroller


2. Actuator. Bagian ini ibarat otot pada manusia. Fungsinya yaitu untuk menggerakan robot. Untuk robot yang beroda biasanya memakai DC Motor, sebagai pemutar roda, dan menciptakan robot berpindah tempat. Dan untuk robot yang berjalan memakai kaki, Motor Servo yaitu pilihan yang tepat. Motor Sevo yaitu DC Motor yang sanggup diatur putarannya. Untuk jenis yang linear Hidraulic, dan pneumatic juga dipakai untuk penggagas robot.



Baca: Macam-Macam Actuator Pada Robot


3.Sensor. Jika insan mempunyai indera maka robot mempunyai sensor. Ada banyak jenis-jenis sensor robot, insan hanya mempunyai 5 indera, robot sanggup mempunyai sensor dengan jumlah yang tidak terbatas. Karena robot mahluk elektronik, dan teknologi yang cepat berkembang.



Baca: Macam-Macam Jenis Sensor Pada Robot


4. Battery. Merupakan sumber energi bagi robot. Seperti otak kau yang membutuhkan nutrisi, dan tubuh kau yang membutuhkan kabohidrat atau vitamin. Listrik yaitu darah bagi robot, dan robot sanggup mendapatkan kebutuhan listrik untuk controller, sensor, actuator dan semua komponen elektronik, dari battery.



Baca: Mengenal Macam-Macam Jenis Baterai


5. Kabel. Jika sebelumnya battery ibarat darah, maka kabel ini ibarat urat jalan mengalirnya darah pada setiap komponen pada robot, dan juga sebagai saraf yang menjadi jalan data untuk input dan output.



Baca: 2 Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Robot


6. Frame. Sebagai tulang yang menyangga antara servo pada robot. Juga yang membentuk robot menjadi banyak sekali macam, dan penunjang penampilan robot. Untuk robot beroda ibarat line follower frame cukup berbentuk kotak, atau bulat saja, sebagai penyangga DC Motor dan daerah meletakan controller.



7. Chassis. Rangka utama pada robot, biasanya menjadi tubuh bagi si robot. Biasanya sebuah chassis pada robot dipasang banyak sekali macam frame, dengan jumlah lebih banyak.



8. Support. Adalah komponen pendukung terbentuknya robot, ibarat baud dan mur.



Sudah Baca: 3 Komponen Pembentuk Robot


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Arduino: Blink 3 Led Sekaligus!

Program Arduino: Sensor Suhu Lm35!

Cara Gampang Mengirim Pesan Dari Nodemcu Ke Telegram – Telegrambot Part1