Robot Itu Apa Ya?

Robot itu apa ya? Saya pertama kali kenal ma Robot Tuh pas nonton film Power Ranger. Atau apa ya waktu itu? Oh ya kamen rider. Iya itu waktu kecil saya pikir Robot tuh bentuknya menyerupai manusia. Terus imajinasi saya berubah sehabis muncul film, “Transformers”, iya ketika itu saya berpikir kalau Robot itu sanggup berubah dari bentuk kendaraan (mobil, motor) kebentuk Manusia. #Korban_Film


 Saya pertama kali kenal ma Robot Tuh pas nonton film Power Ranger Robot Itu Apa Ya?


Tapi dari banyak film, saya tau kalau robot itu ada mesinnya, lalu sanggup bergerak, sanggup berpikir menyerupai manusia, dan ada otak buatan, tapi ada tombol on dan off nya juga. Berdasarkan ilmu Robotika, Robot itu harus terdiri dari 3 komponen;



  1. Mechanic (tubuh/badan pembentuk robot)

  2. Electronic (listrik atau darah kalau dalam manusia)

  3. Computer (program, otak pada robot)


Untuk pembahasan lebih jelas, nanti dibahas dipostingan lain ya… Sekarang yang penting kau sanggup melanjutkan kalimat ini, “Robot adalah…”


So! Apa itu robot?


Berdasarkan Wikipedia, “Robot ialah sebuah alat mekanik yang sanggup melakukan kiprah fisik, baik memakai pengawasan dan kontrol manusia, ataupun memakai program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan).”


Apakah AC dan Handphone termasuk kedalam Robot?


Apakah AC alat Mechanic? Mungkin iya, karena penutupnya sanggup bergerak. Tapi apakah AC melaksanakan kiprah fisik? Tentu tidak, berarti AC bukan Robot.


Lalu apakah Handphone mempunyai program? iya handphone mempunyai program, dan bahkan bisa diprogram ulang. tapi apakah handphone Alat Mechanic? Bukanlah, Handpone itu alat Komunikasi, dan tidak sanggup Melakukan Tugas Fisik. Kaprikornus JELAS, Handphone bukan Robot.


Sekarang mengerti ya, bila nanti ada yang bertanya sama kamu, “Apa itu Robot?” kau sanggup jelasin ke beliau bahwa, “Robot ialah alat mekanik (mechanic) yang bergerak memakai energi listrik (electronic), dan sanggup melaksanakan kiprah fisik menurut Program (computer) yang telah terinstal.”


Oke sekian dan Semoga Bermanfaat…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Arduino: Blink 3 Led Sekaligus!

Program Arduino: Sensor Suhu Lm35!

Cara Gampang Mengirim Pesan Dari Nodemcu Ke Telegram – Telegrambot Part1