Mengenal Jenis-Jenis Robot Dunia

Apa kau tau? Robot itu ada banyak jenisnya. Dan tak hanya menyerupai yang orang awam gambarkan. Yang mereka tau robot itu hanya berbentuk menyerupai insan (humanoid), dan terbuat dari besi. Padahal ada banyak jenis-jenis robot di dunia ini.


Dikelas kali ini saya ingin memperkenalkan banyak jenis robot. Ini bertujuan biar ajaran kau mengenai robot menjadi lebih luas lagi.


 Dan tak hanya menyerupai yang orang awam gambarkan Mengenal Jenis-Jenis Robot Dunia


Kalau di tinjau dari Bentuknya Robot itu ada yang berjenis Mobile, Manipulator, Humanoid, Android, Animaloid, Berkaki, Fly, Underwater.


1. Robot Mobile: Maksud mobile disini yaitu robot sanggup berpindah tempat. Robot Mobile juga sering di identikan dengan robot yang berjalan memakai roda.



2. Robot Manipulator. Sesuai dengan namanya, robot ini merupakan robot yang bentuknya memanipulasi atau menjiplak bentuk mahluk hidup. Tetapi yang ditiru tidak perlu seluruh bab dari tubuh mahluk hidup, cukup sebagian saja. Misalkan tangannya saja.



3. Robot Humanoid. Robot Humanoid bentuknya menyerupai manusia, artinya mempunyai kepala, dua tangan, badan, dua kaki, dan sebagainya. Bisa berjalan menyerupai manusia, bisa menari, dan semua hal yang biasa dilakukan manusia.



4. Robot Android. Robot Android menyerupai mirip Humanoid, tapi ada yang membedakan, yaitu: mempunyai kulit, dan bisa berekspresi menyerupai manusia.



5. Robot Animaloid. Robot ini mulai dari bentuk dan sikap menirukan binatang. Misalkan Robot Animaloid yang berbentuk Puppy (Anak Anjing), tidak hanya bentuknya yang menyerupai anjing tapi sikap dan kebiasaannya juga diprogram menyerupai anak anjing.


 



6. Robot Beroda. Robot yang berjalan atau berpindah daerah memakai roda. Rodanya mulai dari yang berjumlah dua, empat, hingga penggunaan Omni Wheel, yang bisa menciptakan robot bergerak kesegala arah. Lihat Jenis-jenis robot beroda selengkapnya.



7. Robot Berkaki. Robot ini bergotong-royong menyerupai serangga yang mempunyai banyak kaki. Mulai dari yang berkaki 2 yaitu Biped, hingga yang berkaki delapan yaitu Hexaped. Dan mungkin ada yang lebih banyak lagi. Lihat Jenis-jenis robot berkaki selengkapnya.


 



8. Robot Fly. Robot Fly yaitu robot yang bisa terbang, baik memakai baling-baling menyerupai QuadCopter, maupun yang memakai sayap menyerupai burung.



9. Robot Underwater. Robot Underwater dirancang untuk bisa bergerak dan dan berenang dalam air, tanpa merusak komponen yang ada didalam robot.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Gampang Mengirim Pesan Dari Nodemcu Ke Telegram – Telegrambot Part1

Program Arduino: Sensor Suhu Lm35!

Program Arduino: Blink 3 Led Sekaligus!