3 Komponen Pembentuk Robot

Sebelum baca ini saya harap kau sudah tau ya apa itu robot? Dan yang paling penting juga sudah memahaminya. Jika belum, kau tau kan harus apa? Baca postingan dikelas sebelumnya…


Sebelum baca ini saya harap kau sudah tau ya  3 Komponen Pembentuk Robot


Dikelas sebelumnya pun sudah sempat disinggung jika robot itu harus terdiri dari 3 komponen. Masih ingat? Komponen itu ialah Mekanik, Elektronik, dan Program.


Nah dikelas ini kita akan sama-sama bahas lebih dalam, satu persatu dari komponen tersebut.


1. Mekanik. komponen Mekanik dalam Robot itu mencakup bahan-bahan apa yang digunakan robot itu? Serta bagaimana bahan-bahan itu dibuat mejadi robot?



Contoh: diatas ada 1 gambar komponen terpisah dan ada 1 mobile robot yang sudah jadi. Nah, cara yang digunakan untuk menciptakan komponen terpisah tersebut supaya sanggup jadi robot yang utuh, itulah yang dipelajari di ilmu Mekanika dalam robot.



Contoh lainnya sanggup kau perhatikan lagi gambar yang diatas. Disitu ada Arm Robot yang sedang menggenggam bola. Nah bagaimana cara Arm Robot itu sanggup hingga memegang bola? Jawabannya sanggup kau tahu, jika kau mempelajari dan memahami Mekanik. Dan bersyukurlah sebab sedang kita pelajari sama-sama sekarang.


Atau supaya kau lebih paham dan tahu yang mana komponen Mekanik dalam robot. Saya katakan sederhana bahwa, “Semua yang sanggup kau lihat secara fisik dalam robot, itu ialah komponen mekanik.


2. Elektronik. Komponen elektronik dalam robot itu dimulai dari arus lemah yang digunakan untuk menghidupkan robot, sebutan umumnya ialah listrik. Listrik yang digunakan ialah arus DC (baterai atau adaptor), itu yang sering digunakan, terutama dalam pembelajaran robotic. Listrik ini di ibaratkan jantung jika dalam badan manusia.


Yang termasuk kedalam komponen Elektronik robot lainnya ialah Controller (otak robot), Sensor (indra robot), Actuator (penggerak), dan yang lainnya. Dibawah ini ialah penampakan dari pola beberapa komponen elektronik.



Intinya semua benda yang berafiliasi dengan energi listrik, itu termasuk kedalam komponen elektronika.


3. Program. Komponen kegiatan dalam robot sanggup disebut komponen paling tinggi. Walau hanya ditanamkan di salah satu chip, tapi dengan komponen kegiatan ini robot sanggup melaksanakan fungsi dan kiprah dengan sangat spesifik. Dan semua itu dilakukan dengan banyak sekali macam intruksi (bahasa pemograman).



Yang paling terkenal, atau paling sering digunakan ialah pemograman dengan bahasa C, sebab yang paling powerfull. Tapi semua bahasa pemograman termasuk assembler, pascal, java, sanggup digunakan untuk memberi perintah robot.











Pemograman grafik robot dengan Ardublock.

Bahkan kini anak tingkat SD sudah sanggup mulai mempelajari Program Robot. Semua itu didukung dengan keberadaan Software Pemograman robot yang berbentuk grafik, bukan teks lagi.


Hmm,,, Sudah cukup dulu ya, dikelas selanjutnya akan dibahas lebih rinci lagi satu persatu dalam satu persatu kelas perihal Mekanik, elektronik, dan program. Oke, see you…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Arduino: Blink 3 Led Sekaligus!

Program Arduino: Sensor Suhu Lm35!

Cara Gampang Mengirim Pesan Dari Nodemcu Ke Telegram – Telegrambot Part1